Menjadikan pembaca semakin cerdas dan bermutu.

Sabtu, 16 Juni 2012

Tahap-Tahap Perkembangan Pikiran Manusia Menurut Comte

Oleh Daqoiqul Misbah*
*Mahasiswa Aqidah Filsafat semester 6


Ada tiga tahap perkembangan manusia menurut Comte seperti yang dijelaskan dalam buku filsafat ilmu oleh Atang Abdul Hakim dan Beni Ahmad  Saebani, yaitu:

1.        Zaman teologis
Pada zaman ini, manusia percaya bahwa di belakang gejala-gejala alam terdapat kuasa-kuasa adikodrati yang mengatur fungsi dan gerak gejala-gejala tersebut. Zaman teologis dapat dibagi lagi menjadi tiga tahap:
a.      Animisme: tahap animisme merupakan tahapan paling primitif karena benda-benda dianggap mempunyai jiwa
b.    Politeisme: pada tahap ini, manusia percaya pada dewa yang masing-masing menguasai suatu lapangan tertentu; dewa laut, dewa gunung, dewa halilintar, dan sebagainya
c.   Monoteisme: tahap ini lebih tinggi dari kedua tahap berikutnya, karena pada tahap ini, manusia hanya memandang satu Tuhan sebagai penguasa. 

2.                  Zaman metafisis
Pada zaman ini manusia beralih kepada kekuatan-kekuatan abstrak, hal-hal yang benar-benar nyata melekat pada semua benda (abstraksi-abstraksi yang dipersonifikasikan), dan yang mampu menghasilkan semua gejala. Artinya metafisika pada zaman ini dijunjung tinggi.

3.          Zaman positif
“Zaman ini dianggap Comte sebagai zaman tertinggi dari kehidupan manusia. Pasalnya akal budi sudah meninggalkan pencarian yang sia-sia terhadap pengertian-pengertian absolut, asal dan tujuan alam semesta, serta sebab-sebab gejala, dan memusatkan perhatiannya pada studi tentang hukum-hukumnya – yakni hubungan – hubungan urutan dan persamaanya yang tidak berubah. Penalaran dan pengamatan, digabungkan secara tepat, merupakan sarana-sarana pengetahuan ini. Pada zaman terakhir inilah dihasilkan ilmu pengetahuan dalam arti yang sebenarnya. 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

© Blogger Kejora, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena