Menjadikan pembaca semakin cerdas dan bermutu.

Kamis, 03 Mei 2012

Kepemimpinan dan Manajemen


Oleh: Daqoiqul Misbah*
*Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di mana pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

Kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlaku dalam suatu organisasi atau kantor tertentu, tidak harus dibatasi oleh aturar-aturan atau tatakrama birokrasi.
Kepemimpinan tidak harus diikat dalam suatu organisasi tertentu. Kepemimpinan.bisa terjadi dimana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang-oranglain kearah tercapainya suatu tujuan tertentu
Manajemen terjadi bila mana pengertian kepemimpinan dibatasi oleh tatakrama birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi tertentu, maka dinamakan manajemen, Fungsi-fungsi seperti perencanaan, pengaturan, motivasi dan pengendalian senantiasa ada di dalamnya.
Jadi dapat terjadi seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin, asalkan dia mampumempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatan manajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain.Dengan kata lain seorang leader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorangmanajer bisa berperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin.Kepemimpinan adalah yang menentukan arah, sedangkan manajemen berusaha untuk mewujudkan agar arah tadi bisa tercapai.

Ø  Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan organisasi lewat usaha orang-orang lain
Ø  Manajer Ialah orang yang senantiasa berpikir untuk melaksanakan proses pencapaian tujuan organisasi
Ø  Manajer ialah orang yang senantiasa memikirkan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi
Ø  Pada hakekatnya kepemimpinan mempunyai pengertian agak luas dibanidingkan dengan manajemen
Ø  Manajemen adalah jenis pemikiran yang khusus dari kepemimpinan di dalam usahanya mencapai tujuan organisasi
Ø  Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi perilaku orang lain, atau seni mempengaruhi perilaku manusia baik perorangan maupun kelompok
Ø  Seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin, asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatan manajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata lain seorang leader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang manajer bisa berperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin.
Ø   Jenis Manajemen: manajemen sektor usaha swasta – manajemen sektor pemerintah
manajemen organisasi yang tidak mencari kematangan (asosiasi-asosiasi).
Fungsi Manajemen:
Ø  perencanaan (planning)
Ø  pengorganisasian (organizing)
Ø  pengarahan (directing)
Ø  pengawasan/pngendalian (controlling).
Fungsi Kepemiminan
  1. Fungsi Instruktif.
  2. Fungsi konsultatif
  3. Fungsi Partisipasi.
  4. Fungsi Delegasi
  5. Fungsi Pengendalian

Manajer Membuat perkiraan dan aturan dengan :
1.Menetapkan sasaran operasional
2.Membuat rencana tindakan dengan jadwal
3.Mengalokasikan sumberdaya
4.Mengorganisasi dan menugaskan orang dalam struktur organisasi
5.Memantau hasil dan menyelesaikan masalah

Pemimpin berusaha membuat perubahan dalam organisasi dengan :
1.Menyusun visi masa depan dengan strategi
2.Mengkomunikasikan dan menjelaskan visi
3.Memotivasi dan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk mencapai visi

Berikut adalah perbedaan-perbedaan antara manajer dan pemimpin :
1.Manajer mengatur, sedangkan pemimpin meng-inovasi.
2.Manajer ditunjuk/diangkat oleh atasan, pemimpin dipercaya oleh anggotanya.
3.Manajer memelihara, pemimpin mengembangkan.
4.Manajer mengandalkan kontrol, pemimpin mengilhami.
5.Manajer berpandangan sempit, pemimpin memiliki perspektif luas.
6.Manajer selalu berada dalam organisasi, pemimpin tidak selalu
7.Manajer menerima status quo, pemimpin menantangnya.
8.Manajer adalah prajurit yg baik dan klasik, pemimpin menjadi dirinya sendiri.
9.Manajer menaiki tangga dengan effektif, pemimpin menciptakan anak tangga dan meletakkan di tempat yang benar.
10.Manajer mengerjakan berbagai hal dengan tepat, pemimpin mengerjakan hal yang tepat.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

© Blogger Kejora, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena