Oleh: Daqoiqul Misbah*
*Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah
Perbedaan
manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di mana
pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhi perilaku orang
lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
Kepemimpinan
dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlaku dalam suatu
organisasi atau kantor tertentu, tidak harus dibatasi oleh aturar-aturan atau
tatakrama birokrasi.
Kepemimpinan
tidak harus diikat dalam suatu organisasi tertentu. Kepemimpinan.bisa terjadi
dimana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku
orang-oranglain kearah tercapainya suatu tujuan tertentu
Manajemen
terjadi bila mana pengertian kepemimpinan dibatasi oleh tatakrama birokrasi
atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi tertentu, maka dinamakan
manajemen, Fungsi-fungsi seperti perencanaan, pengaturan, motivasi dan
pengendalian senantiasa ada di dalamnya.
Jadi dapat
terjadi seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin, asalkan dia
mampumempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi
seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatan manajer untuk
mempengaruhi perilaku orang lain.Dengan kata lain seorang leader atau pemimpin
belum tentu seorang manajer, tetapi seorangmanajer bisa berperilaku sebagai
seorang leader atau pemimpin.Kepemimpinan adalah yang menentukan arah,
sedangkan manajemen berusaha untuk mewujudkan agar arah tadi bisa
tercapai.
Ø Manajemen adalah suatu proses
pencapaian tujuan organisasi lewat usaha orang-orang lain
Ø Manajer Ialah orang yang senantiasa
berpikir untuk melaksanakan proses pencapaian tujuan organisasi
Ø Manajer ialah orang yang senantiasa
memikirkan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi
Ø Pada hakekatnya kepemimpinan mempunyai
pengertian agak luas dibanidingkan dengan manajemen
Ø Manajemen adalah jenis pemikiran
yang khusus dari kepemimpinan di dalam usahanya mencapai tujuan organisasi
Ø Kepemimpinan adalah kegiatan untuk
mempengaruhi perilaku orang lain, atau seni mempengaruhi perilaku manusia baik
perorangan maupun kelompok
Ø Seorang manajer berperilaku sebagai
seorang pemimpin, asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk
mencapai tujuan tertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang
jabatan manajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata lain
seorang leader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang
manajer bisa berperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin.
Ø Jenis Manajemen: manajemen sektor usaha swasta
– manajemen sektor pemerintah
manajemen organisasi yang tidak mencari kematangan (asosiasi-asosiasi).
manajemen organisasi yang tidak mencari kematangan (asosiasi-asosiasi).
Fungsi
Manajemen:
Ø perencanaan (planning)
Ø pengorganisasian (organizing)
Ø pengarahan (directing)
Ø pengawasan/pngendalian
(controlling).
Fungsi Kepemiminan
- Fungsi Instruktif.
- Fungsi konsultatif
- Fungsi Partisipasi.
- Fungsi Delegasi
- Fungsi Pengendalian
Manajer Membuat perkiraan dan
aturan dengan :
1.Menetapkan sasaran operasional
2.Membuat rencana tindakan dengan
jadwal
3.Mengalokasikan sumberdaya
4.Mengorganisasi dan menugaskan
orang dalam struktur organisasi
5.Memantau hasil dan menyelesaikan
masalah
Pemimpin berusaha membuat perubahan
dalam organisasi dengan :
1.Menyusun visi masa depan dengan
strategi
2.Mengkomunikasikan dan menjelaskan
visi
3.Memotivasi dan memberikan
inspirasi kepada orang lain untuk mencapai visi
Berikut adalah perbedaan-perbedaan
antara manajer dan pemimpin :
1.Manajer mengatur, sedangkan
pemimpin meng-inovasi.
2.Manajer ditunjuk/diangkat oleh
atasan, pemimpin dipercaya oleh anggotanya.
3.Manajer memelihara, pemimpin
mengembangkan.
4.Manajer mengandalkan kontrol,
pemimpin mengilhami.
5.Manajer berpandangan sempit,
pemimpin memiliki perspektif luas.
6.Manajer selalu berada dalam
organisasi, pemimpin tidak selalu
7.Manajer menerima status quo,
pemimpin menantangnya.
8.Manajer adalah prajurit yg baik
dan klasik, pemimpin menjadi dirinya sendiri.
9.Manajer menaiki tangga dengan
effektif, pemimpin menciptakan anak tangga dan meletakkan di tempat yang
benar.
10.Manajer mengerjakan berbagai hal
dengan tepat, pemimpin mengerjakan hal yang tepat.
0 komentar:
Posting Komentar